DIREKTORI APTIK


Unika Widya Karya, Malang

Sejarah

Berdirinya Universitas Katolik Widya Karya Malang, menoreh sejarah yang panjang. Forum yang diformalkan menjadi ASKAM (Aksi Sosial Katolik Malang)pada tahun 1964 mendorong untuk mendirikan Perguruan Tinggi Katolik di Malang. Dimulai dengan mendirikan Yayasan Adisucipto Malang, kemudian ASKAM pun meminta ijin ke Yayasan Atmajaya Jakarta untuk mendirikan cabang Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atmajaya cabang Malang. Permintaan itu dikabulkan pada tanggal 10 Agustus 1964,sehingga Unika Atmajaya cabang Malang resmi berdiri.

Dengan membuka Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP-jurusan Bahasa Inggris) dan Fakultas Hukum. Rektor pertamanya, Prof. Dr. G.Harjoko O.Carm. dan sebagai Ketua Yayasan PTK Adisucipto yakni Mayor FX.Soetrisno.

Dalam situasi masa transisi ekonomi (1965-1970) dan adanya kebijakan pemerintah tentang larangan membuka cabang universitas di kota lain.Sebagai imbasnya, Unika Atmajaya cabang Malang melepaskan diri dan membubarkan diri sejak tahun 1972. Namun sebelum terjadinya pasang surut itu ternyata Yayasan PTK Adisucipto berhasil membuka dua akademi bernama Akademi Perusahaan Katolik ST. Thomas Aquino (APK), tepatnya pada tahun 1968 dan empat tahun kemudian yakni tahun 1972, membuka lagi Akademi Sekretaris Katolik St. Thomas Aquino (ASK).

Kedua akademi itu berjalan normal dan terus hidup sampai tahun 1982. Atas perkembangan tersebut, pihak yayasan berinisiatif mengganti nama menjadi Unika Widya Karya Malang. Tepatnya tanggal 9 Mei 1982 Unika Widya Karya Malang resmi berdiri .Pada awalnya membuka tiga fakultas dengan lima jurusan ,yakni : Fakultas Ekonomi (Jurusan Manajemen Perusahaan dan Akuntansi), Fakultas Pertanian (Jurusan Sosial Ekonomi dan Teknologi Hasil pertanian) dan Fakultas Teknik (Jurusan Mesin).

Dengan menyesuaikan Rencana Induk Pengembangan (RIP) 1 tahun 1982 – 1987, Universitas Katolik Widya Karya Malang berhasil menambah beberapa Fakultas dan Program D-3 antara lain: Fakultas Hukum (Jurusan Keperdataan), Jurusan Teknik Sipil, D-3 MI (Manajemen Informatika) seta D-3 Kesekretariatan.Sejak tahun 1998 mahasiswa Universitas Katolik Widya Karya Malang tercatat sebanyak 1.445 orang

Visi Misi

Visi Universitas Katolik Widya Karya Malang Menjadi komunitas akademik yang pluralis, tangguh dan terpercaya berdasarkan iman kristiani.

Misi Universitas Katolik Widya Karya Malang Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dan profesional dengan mengedepankan cara berpikir komprehensif yang objektif, kritis dan logis dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi berdasarkan iman kristiani Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang meningkatkan martabat manusia dengan mengutamakan keterbukaan, toleransi, penghargaan terhadap perbedaan dan keberpihakan yang lemah. Melaksanakan prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi, sehingga menghasilkan lulusan yang siap beradaptasi dan berinovasi di tengah masyarakat dengan segala dinamikanya.

Informasi

Jl. Bondowoso 2-Malang

(0341) 553171
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
EkonomiS1AkuntansiB
EkonomiD3KesekretariatanC
EkonomiS1ManajemenB
EkonomiD3Manajemen InformatikaC
HukumS1Ilmu HukumC
PertanianS1AgribisnisB
PertanianS1Sosial Ekonomi PertanianB
PertanianS1Teknologi Hasil PertanianC
TeknikS1Teknik MesinB
TeknikS1Teknik SipilC
Anggota APTIK