DIREKTORI APTIK


Unika Soegijapranata, Semarang

Sejarah

Mgr. Albertus Soegijapranata SJ adalah nama yang dijadikan patron bagi sebuah universitas Katolik di Semarang yang didirikan pada tahun 1982. Nama ini diusulkan oleh dokter A. Suroyo, mantan Rektor Atma Jaya cabang Semarang dan Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS). Beliau adalah seorang tokoh Gereja Katolik, yaitu uskup pertama di Vikariat Apostolik Semarang yang diangkat pada tanggal I Agustus 1940 dan sekaligus sebagai uskup pribumi pertama di Indonesia. Berkat kiprahnya dalam kehidupan kebangsaan untuk mengupayakan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang.

Tugas keluarga besar Unika Soegijapranata adalah mewujudkan cita-cita, keinginan, dan harapan para pendiri untuk menghidupkan dan meneladani semangat Monsigneur dalam karya dan kehidupan mereka sehari-hari. Dengan kata lain, semangat Mgr. A. Soegijapranata harus menjadi living reality bagi seluruh keluarga besar Unika Soegijapranata.

Salah satu cara yang dilakukan untuk menggali dan menyerap semangat Mgr. Soegijapranata adalah seminar yang dilaksanakan oleh Unika Soegijapranata bekerja sama dengan Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) dan Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Agung Semarang dalam rangka peringatan 100 tahun lahirnya Mgr. A. Soegijapranata pada tahun 1996. Cara lain dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Mata Kuliah Umurn (LPMKU) dengan mengintegrasikan gagasan, pemikiran, dan semangat Soegijapranata ke dalam perkuliahan Matakuliah Pengembangan Kepribadian.

Usaha ini ditunjang dengan penulisan buku "Semangat dan Perjuangan Mgr. A. Soegijapranata" oleh beberapa dosen LPMKU sendiri. Internalisasi dan sosialisasi semangat Soegijapranata terus dilakukan dengan penetapan semangat Mgr. A. Soegijapranata sebagai tema Dies Natalis ke-20. Dalam rangka Dies Natalis ini diselenggarakan seminar nasional dengan tema "Membangun Humanisme Baru dan Cinta Tanah Air Berdasarkan Inspirasi Mgr. A. Soegijapranata".


Salah satu pembicaranya adalah Dr. Anhar Gonggong sejarahwan yang sekaligus penulis buku "Mgr. Albertus Soegijapranata SJ, Antara Gereja dan Negara". Usaha lain adalah mengumpulkan aneka barang yang berkaitan langsung dengan kehidupan Mgr. A. Soegijapranata untuk digelar di dalam Soegijapranata Memorial, yang berlokasi di lantai 3 gedung Thomas Aquinas kampus Unika Soegijapranata. Tahun 2003 diselenggarakan seminar komemoratif untuk mengenang 40 tahun wafat Monsigneur. Universitas Katolik Soegijapranata (Unika), yang menggunakan nama Mgr. Albertus Soegijapranata sebagai patron memiliki sekurang-kurangnya dua macam tanggung jawab moral. Pertama adalah menggali dan menghidupi nilai-nilai dan semangat beliau sehingga sungguh-sungguh ikut membentukjati did Unika dan seluruh warganya. Kedua adalah melanjutkan semangat besar beliau dalam membangun kelndonesiaan. Dengan bersemangatkan Mgr. Soegijapranata dan hakikat sebuah komunitas akademik, universitas ini mengambil bagian dalam tugas Gereja Katolik dalam membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 menjadi sebuah masyarakat yang adil dan sejahtera. Prinsip etika politik yang bertujuan kesejahteraan bersama (bonum commune) menjadi "roh" partisipasi Gereja dalam membangun bangsa dan Negara.

 

Berdasakan dua macam tanggung jawab moral di atas, The Soegijapranata Institute merupakan pusat kajian yang ingin merealisasikan tanggung jawab Unika. Pusat ini terbuka bagi siapapun yang memiliki kepedulian dan komitmen yang sama dengan pemikiran di atas.

Visi Misi

Universitas Katolik Soegijapranata merupakan kelanjutan dari Unika Atmajaya dan bentuk pengembangan dari Institut Teknologi Katolik Semarang. Didirikan tanggal 5 Agustus 1982 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI tanggal 24 September 1983 Nomor.0400/0/1983.

Sejalan dengan amanat Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik "Ex Corde Ecclesiae" dan semangat Mgr. Albertus Soegijapranata pelindung universitas, serta visi dan misi Perguruan Tinggi Katolik anggota APTIK , Universitas Katolik Soegijapranata merumuskan visi dan misinya sebagai berikut :

VISI

Kami, Universitas Katolik Soegijapranata adalah komunitas akademik yang unggul dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian dengan dilandasi nilai nilai kristiani, cinta kasih, keadilan dan kejujuran.

 

MISI

Dengan berdasarkan nilai - nilai kristiani, cinta kasih, keadilan dan kejujuran, Universitas Katolik Soegijapranata akan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas secara akademik didukung pengembangan kepribadian yang utuh dan potensi kepemimpinan.
  2. Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu dan teknologi demi meningkatkan kesejahteraan manusia.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai penerapan ilmu dan teknologi yang telah dikembangkan dalam penelitian demi kesejahteraan manusia. Memberikan perhatian dan mencari pemecahan terhadap berbagai masalah sosial-budaya masyarakat.
  4. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan dan penelitian, lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian.
  5. Memperbaiki dan mengembangkan universitas secara terus menerus, sehingga dapat mendukung segala upaya mencapai keunggulan.
Informasi

Tinjomoyo, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50235

(024) 8441555
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
Arsitektur & DesainS1Desain Komunikasi VisualC/300
Arsitektur & DesainS1Teknik ArsitekturA/370
EkonomiS1AkuntansiA/367
EkonomiS1Ekonomi Akuntansi sore
EkonomiS1ManajemenA/370
EkonomiD3PerpajakanB/314
Hukum & KomunikasiS1Ilmu HukumA/366
Hukum & KomunikasiS1Ilmu Komunikasi
Hukum & KomunikasiS1Komunikasi
Ilmu KomputerS1Ilmu KomputerC/291
Ilmu KomputerS1Sistem Informasi
Ilmu KomputerS1Teknik Informatika
Program MagisterS2Akuntansi
Program MagisterS2Hukum Kesehatan
Program MagisterS2Ilmu HukumB
Program MagisterS2ManagementC
Program MagisterS2ManajemenB/328
Program MagisterS2Program Magister Lingkungan Perkotaan (PMLP)C/300
Program MagisterS2PsikologiB/306
Program MagisterS2Psikologi Profesi
Program MagisterS2Psikologi Profesi
Program MagisterS2Sains Psikologi
Program MagisterS2Teknik ArsitekturC/296
Program MagisterS2Teknologi Pangan
Program MagisterS2Teknologi PanganC/291
PsikologiS1PsikologiB/356
SastraD3Bahasa InggrisC
SastraS1Sastra InggrisB/306
TeknikS1Teknik ElektroB/342
TeknikS1Teknik SipilB/336
Teknologi PertanianS1Ekonomi ManajemenA
Teknologi PertanianS1Teknologi Pangan & GiziA/363
Anggota APTIK