DIREKTORI APTIK


Unika Darma Cendika, Surabaya

Sejarah

Jenjang Pendidikan:
Strata satu (S-1) Pendidikan Akademik
Perkembangan Program Studi
Jurusan Teknik Arsitektur,Fakultas Teknik Unika Darma Cendika didirikan oleh Yayasan Unika Darma Cendika melalui ijin operasional dari Kopertis Wilayah VII dengan nomor: 365/Q/1986, tanggal 20 Juni 1986 dimana pada waktu itu, Yayasan Unika Darma Cendika melihat kekurangan tempat kuliah bagi mahasiswa yang kurang mampu tetapi mempunyai potensi yang cukup besar untuk kuliah.

Kemudian menaikkan statusnya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan nomor: 0217O/1987 tanggal 11 April 1987, yang bertempat tinggal di Arief Rachman Hakim no 40-44 Surabaya,belum mempunyai gedung sendiri, dengan status terdaftar pada tahun 1998, pendaftaran kembali melalui surat keputusan 400/DIKTI/Kep/1998, telah ditetapkan kembali status terdaftar dari Teknik Arsitektur menjadi Progran Studi Arsitektur, tanggal 20 Oktober 1998 dan telah mempunyai gedung tersendiri jalan Deles I-29 Surabaya. Perguruan Tinggi Unika Darma Cendika selalu berupaya untuk menambah Sarana dan Prasarana.

Pada tahun 2002, Program Studi Arsitektur, telah terakreditasi menurut BAN PT dengan SK No : 016/BAN-PT/Ak-V/S 1/VIII/2002 dengan peringkat (C), tanggal 14 Agustus 2002. Pada tahun 2003, Program Studi Arsitektur telah memperbaruhi ijin status/perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi, No 3655/D/T/2003, tanggal 13 Nopember 2003,oleh Departemen Pendidikan Nasional Dirjen DIKTI Republik Indonesia.

KURIKULUM

Kurikulum Program Studi Arsitektur disusun sesuai dengan visi, misi, sasaran dan tujuan dibentuknya Program Studi Arsitektur Unika Darma Cendika yaitu membekali mahasiswa dengan dasar-dasar keilmuan Arsitektur tetapi juga dengan Agama, Sosial, Budaya, Bahasa dan peduli Lingkungan sehingga dihasilkan lulusan yang utuh yaitu mandiri, trampil, bertanggung jawab dan mampu mengembangkan diri dan kewawasan lingkungan.
Kurikulum Program Studi Arsitektur mengandung muatan teori yang berdasarkan pengembangan ilmu pengetahuan sebanyak 36,5% dan muatan kuliah praktek sebanyak 63,5 %.
Untuk mencapai visi, misi, sasaran dan tujuan tersebut, maka mahasiswa pada Program Studi Arsitektur, diharuskan menyelesaikan sebanyak 145 sks, dalam 8 semester, terdiri dari kelompk :

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), mengembangkan manusia seutuhnya , diharapkan mahasiswa memiliki pegangan dalam keimanan dan berideologi bangsa, serta pembekalan mahasiswa sebagai sarjana berkenaan dengan masalah sosial, budaya, bahasa, beretika moral dan mempunyai rasa kasih. Alokasi kelompok ini adalah 10 sks, yang meliputi mata kuliah Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama dan Etika, Bahasa Inggris.

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), memberikan landasan keilmuan dan ketrampilan. Termasuk didalamnya mata kuliah dasar-dasar keahlian, pelatihan motorik, serta perkembangan nalar pola berpikir untuk pengembangan karya arsitektur. Alokasi kelompok mata kuliah ini 36 sks, yang meliputi mata kuliah Asas perencanaan & perancangan Arsitektur, Matematika, Sejarah Perkembangan Arsitektur, Komunikasi Arsitektur dan Auto Cad.

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKK), menghasilkan tenaga dengan kekaryaan ilmu dan ketrampilan. Termasuk didalamnya mata kuliah utama, yaitu mata kuliah keahlian dalam berkarya Arsitektur dalam perwujudtan bentuk karya arsitektur sesuai dengan indah, kokoh, kuat, memecahkan masalah lingkungan binaan yang dapat memuaskan kebutuhan fisik, emosi, social baik secara induvidu dan bermasyarakat. Alokasi kelompok kuliah ini 89 sks yang meliputi kuliah Merancang Arsitektur (studio) dan Tugas Akhir, Struktur Bangunan dan Teknologi Bahan, Sains Arsitektur dan Lingkungan, Arsitektur Prilaku, Perancangan lingkungan dalam dan lingkungan luar, Mata kuliah Pendalaman yang terdiri dari kelompok pilihan.

Mata kuliah Prilaku Berkarya (MPB), membentuk sikap & prilaku yang diperlukan dalam berkarya. Merupakan mata kuliah yang membentuk mahasiswa arsitektur beretika sesuai dengan profesi arsitektur beserta pengembangannya. Alokasi mata kuliah ini 2 sks, yaitu mata kuliah Etika dan Profesi Arsitektur.

Mata kuliah Berkehidupan Bersama (MBB), memahami kaidah kehidupan bersama. Diharapkan mahasiswa dalam mata kuliah ini dapat berinteraksi dengan keadaan setempat dan berhubungan langsung dengan masyarakat & lingkungan setempat dan berupaya dapat bekerjasama dengan disiplin ilmu lainnya dalam pencapaian karya arsitektur tersebut. Alokasi mata kuliah ini 8 sks yaitu mata kuliah Pranata Pembangunan, Seminar, Pengabdian Masyarakat, Kerja Praktek Lapangan, Desain Proyek Mandiri.

SARANA DAN PRASARANA

Program Studi Arsitektur menempati gedung Unika Darma Cendika, dengan ruang kuliah kecil (kapasitas 20-25 mahasiswa), ruang kuliah sedang (kapasitas 30-40 mahasiswa), ruang kuliah besar bersama-sama dengan program studi lain (kapasitas 100 mahasiswa), pada lantai 3 dan 4.
Sedangkan ruang studio gambar ada 2 lokal (kapasitas 10-20 mahasiswa) pada lantai 2.
Ruang Laboratorium Komputer pada lantai 4 (kapasitas 15 mahasiswa), Ruang perpustakaan terletak dilantai 2. Laboratorium Bahasa terletak pada lantai dasar (kapasitas 12-15 mahasiswa) Kualitas gedung terawat dengan baik dan disediakan perlengkapan OHP, papan tulis, serta pengeras suara pada ruang-ruang yang besar.
Sarana dan prasarana disamping ruang-ruang kuliah, studio dan fasilitas lain yang mendukung:

Fasilitas telepon, adanya telepon umum yang dapat dipakai mahasiswa.

Fasilitas ruang serba guna, untuk kegiatan seminar, berkomunikasi mahasiswa antar program studi atau fakultas.

Fasilitas bidang kerochanian tersedianya ruang sembayang (kapela)

Fasilitas penunjang lainnya adanya ruang kantin, parkir kendaraan.

Fasiltas Komputer dan Pendukung Pembelajaran dan Penelitian
Fasiltas komputer diberikan diruang-ruang dosen pada Program Studi Arsitektur, lengkap dengan printernya. Fasiltas komputer untuk mahasiswa untuk Program Studi Arsitektur tersedia di Laboratorium Komputer dilantai 4, untuk mata kuliah Auto Cad dan aplikasinya.
Pendukung pembelajaran penelitian arsitektur ada ruang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang dapat digunakan secara bergantian dengan jadwal yang diatur oleh kepala studio perancangan Program Studi Arsitektur.

Visi Misi

VISI:

“Menjadi Universitas unggul dengan dilandasi Cinta Kasih mengembangkan manusia beriman dan bermoral yang rasional ilmiah, kritis, profesional, berwawasan nasional dan global yang mampu mengembangkan ilmu dan mengatasi tantangan jaman untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia”.

MISI

Mengembangkan potensi manusia dan melakukan penelitian ilmiah untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan berlandaskan cinta kasih mengoperasikan universitas secara efektif, efisien dengan disiplin untuk menghasilkan manusia yang beriman dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan bermoral baik, professional dan memiliki wawasan nasional dan global, taat dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia

Mengupayakan kesempatan pengembangan dan kepuasan segenap civitas akademika Universitas Katolik Darma Cendika.

Informasi

Sekelompok sarjana dan cendekia Katolik Surabaya mendirikan Yayasan Darma Cendika, pada tanggal 7 November 1984 untuk mendarma bhaktikan di bidang pendidikan yang telah diresmikan pada bulan Juni 1986.

Dengan membawa misi option for the poor guna membangun sebuah wadah pendidikan yang berorientasi sosial dan kemanusiaan. Sesuai dengan moto dari universitas katolik Dharma Cendika adalan Scientia et moralis yang berarti ilmu yang bermoral.

 

Jl Deles I 29 Surabaya 60117, Tlp 031-5946482, Jawa Timur 60117

(031) 5946482
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
EkonomiS1AkuntansiB/320
EkonomiS1ManajemenB/315
HukumS1Ilmu HukumB
TeknikS1ArsitekturB/313
TeknikS1Teknik IndustriC/289
Anggota APTIK