DIREKTORI APTIK


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus, Jakarta

Sejarah

Dimulai dari Rumah Sakit

Rumah Sakit St. Carolus (sekarang : Pelayanan Kesehatan St. Carolus) berkarya dalam bidang pelayanan keperawatan sejak tahun 1919.

Sekolah Perawat St. Carolus

Sampai tahun 1946 RS. St. Carolus masih dibawah pengaturan Belanda (Dienst Van Gezondheid = Petugas Kesehatan) ditunjuk menangani kasus kebidanan. Jadi, masalah yang terbanyak dihadapi RS. St. Carolus dari waktu ke waktu adalah kasus wanita hamil (kesehatan ibu hamil), yang datang tidak hanya dari kota Jakarta juga dari luar kota. Berawal dari kondisi itu pada 8 Agustus 1946 resmi Sekolah Bidan RS. St. Carolus dibuka dan diberi nama Sekolah Bidan St. Yosef.

Pada tahun 1947 dibuka Sekolah Pengatur Rawat RS. St. Carolus. Pada tahun 1962, pendidikan perawat Sint Carolus

berkembang menjadi Akademi yaitu Akademi Perawatan Sint Carolus (AKPER Sint Carolus).

Akademi Perawatan St. Carolus menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan St. Carolus

Pada tahun 1992 dibentuk Panitia Pengembangan Pendidikan Tinggi Keperawatan St. Carolus. Panitia ini bertugas mengkaji dan mempersiapkan berdirinya S-1 Keperawatan St. Carolus.

Tanggal 22 Juli 1999, AKADEMI PERAWATAN ST. CAROLUS berubah bentuk menjadi SEKOLAH TINGGI ILMU KEPERAWATAN ST. CAROLUS (STIK SINT CAROLUS) dengan dua program yaitu D-3 Keperawatan dan S-1 Keperawatan.

Tanggal 15 Juni 2004, keluar izin Program Studi Kebidanan (D-3) dan sekaligus perubahan nama Sekolah Tinggi Ilmu KEPERAWATAN (STIK) Sint Carolus menjadi Sekolah Tinggi Ilmu KESEHATAN (STIK) St. Carolus.

Pada tahun 2007, Program S-1 Keperawatan dan D-3 Keperawatan mendapat predikat “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional.

Pada 28 November 2008, STIK Sint Carolus mendapat ijin penyelenggaraan program studi Ilmu Gizi jenjang Strata 1 dari DIKTI. Sedangkan pemberian ijin penyelenggaraan program pendidikan Profesi Ners pada Perguruan Tinggi diperoleh pada 31 Desember 2008.

Visi Misi

Visi :

Menjadi lembaga pendidikan tinggi kesehatan Katolik yang berwawasan global dan unggul di tingkat nasional, menjadi salah satu pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan; saksi cinta kasih Tuhan kepada sesama manusia dan lingkungan alam yang tidak orientasi profit.

 

Misi :

1. Mengembangkan diri terus menerus agar mampu menumbuhkan sivitas akademika yang unggul guna menghasilkan tenaga kesehatan yang kompeten, profesional, beriman dan bermoral tinggi.

 

2. Menjadi pusat pengembangan ilmu dan teknologi melalui penelitian dan berbagai kegiatan akademik lainnya di bidang kesehatan, serta tanggap terhadap permasalahan kontemporer di bidang kesehatan.

3. Mengembangkan upaya pemberdayaan masyarakat melalui layanan kepada masyarakat dengan berbagai cara sesuai dengan hakekatnya sebagai bagian dari masyarakat dan komunitas akademik, serta memberikan kepedulian khusus terhadap mereka yang papa.

4. Mengembangkan penghayatan spiritualitas Kongregasi Suster Suster Cintakasih Santo Carolus Boromeus dan lingkungan akademik yang kondusif, dijiwai oleh nilai persaudaraan dan kedamaian yang mencerminkan semangat cinta kasih.

Tujuan :

1. Melaksanakan pendidikan tinggi kesehatan dan menghasilkan tenaga kesehatan yang memadukan integritas pribadi dengan landasan keilmuan, keterampilan dan etika profesi yang andal, serta mampu menjadi pelaku pembangunan dalam upaya peningkatan layanan kesehatan.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan, melalui penelitian, publikasi dan kegiatan akademik lainnya, serta tanggap terhadap masalah kontemporer dalam bidang kesehatan.

3. Mengupayakan pemberdayaan masyarakat melalui layanan kesehatan, pelatihan dan kegiatan lainnya sesuai dengan hakikat STIK Sint Carolus sebagai anggota masyarakat dan anggota komunitas akademik, serta memberikan kepedulian khusus kepada mereka yang papa.

4. Mengembangkan iklim kerja dan budaya organisasi berlandaskan spiritualitas Kongregasi Suster-Suster Cintakasih Santo Carolus Boromeus agar menghasilkan etos kerja yang andal untuk menumbuhkan kehidupan akademik yang kondusif dan pengelolaan sekolah tinggi yang sehat.

5. Menumbuhkembangkan kompetensi tenaga edukatif dan non edukatif agar menunjang produktivitas dan kreativitas dalam mengembangkan profesionalitas dan jenjang karirnya.

6. Membangun jejaring lahan praktik, sarana akademik dan sarana kampus agar menunjang proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

7. Menjalin jejaring kerja dengan lembaga sejenis dan lembaga lainnya baik nasional maupun internasional untuk mengembangkan kerjasama sinergistik

Informasi

Jl. Salemba Raya No.41, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

(021) 3904441 ext. 2368
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
KeperawatanS1Ilmu GiziC
KeperawatanD3KebidananB
KeperawatanD3KeperawatanB
KeperawatanS1KeperawatanB
KeperawatanS2KeperawatanC
KeperawatanS1Keperawatan Profesi NersB
Anggota APTIK