DIREKTORI APTIK


Unika Widya Mandala, Madiun

Sejarah

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun berdiri 20 September 1960 dengan dua program studi, yaitu Ilmu Mendidik, cikal bakal program studi Bimbingan Konseling yang dirintis oleh Pastor Prof. Dr. Paul Janssen, CM dan prodi Bahasa dan Sastra Indonesia yang dirintis oleh Suster Dra. Dionesya Michel, OSU bertempat di kompleks pasturan gereja Cornelius dan Susteran Ursulin jalan Wilis, sekarang menjadi jalan Ahmad Yani Madiun.

Dalam perkembangannya Universitas Katolik Widya Mandala  membuka cabang di Surabaya, sehingga menjadi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya – Madiun yang dikelola oleh satu yayasan dengan dua kampus, yaitu di Jalan Dinoyo 42-44 Surabaya dan Jalan Manggis 15-17 Madiun. Karena ada aturan pemerintah bahwa perguruan tinggi tidak boleh mengelala kampus di kota yang berbeda, maka Universitas Widya Mandala Surabaya-Madiun terpisah. Yang di Madiun, karena hanya mengelola dua jurusan/program studi keguruan berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Widya Mandala Madiun berdasarkan SK Mendikbud no. 070/Q/1985, no. 071/Q/1985, dan no. 072/Q/1985 tanggal 18 Februari 1985.

Pada tahun 1986 – 1987 STKIP Widya Mandala membuka jurusan/prodi baru yaitu Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) program studi Pendidikan Matematika. Tahun 1987 – 1988 mendirikan program studi Pendidikan Biologi, walaupun tiga semester berikutnya program studi Pendidikan Biologi dihentikan izin operasionalnya.

Untuk langkah pengembangan pada tahun 1990 – 1991 Yayasan Widya Mandala Madiun membuka Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) jurusan/program studi Bahasa dan Sastra Inggris (SK Mendikbud no. 0323/Q/1990, tanggal 1 Mei 1990) dan Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (STMIPA) jurusan Biologi, Program Studi Biologi Lingkungan (SK Mendikbud no. 0324/Q/1990, tanggal 1 Mei 1990).

Pada 31 Desember 1991 STKIP, STBA, dan STMIPA Widya Mandala Madiun bergabung dan menjadi Universitas Katolik Widya Mandala Madiun berdasarkan SK Mendikbud no. 0687/Q/1991.

Sampai dengan saat ini Universitas Katolik Widya Mandala Madiun mengelola 6 Fakultas dengan 9 Program Studi dengan status terakreditasi.

A. FKIP

1. Bimbingan Konseling

2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

3. Pendidikan Matematika

B. Fakultas Sastra

4. Sastra Inggris

C. Fakultas MIPA

5. Biologi

D. Fakultas Teknik

6. Teknik Industri

E. Fakultas Ekonomi

7. Manajemen

8. Akuntansi

F. Fakultas Psikologi

9. Psikologi

Visi Misi

UKWMM memandang diri sebagai Perguruan Tinggi Katolik yang terpanggil untuk (1) melindungi-meningkatkan martabat manusia, (2) dan demi kemanusiaan itu, mencari-menemukan-mengungkap-mewartakan kebenaran seutuhnya (alami, manusiawi etis-rohani-psiko-sosial dan ilahi), (3) ikut  berpartisipasi dalam usaha bersama membangun bangsa Indonesia yang plural, menjadi sebuah persaudaraan sejati yang adil, demokratis dan sejahtera, (4) dan dengan semboyan “Non scholae sed vitae discimus” (Kita belajar tidak untuk bersekolah tetapi untuk kehidupan) membantu mengaktualisasikan potensi pikiran-hati-sosialitas kaum muda (termasuk mereka yang tidak mampu secara ekonomis) dengan melibatkan mereka secara aktif-kreatif-dialogis dalam panggilan dan kewajiban Universitas tersebut.

Misi UKWMM aktualisasi jati diri dan visi tersebut yang semakin maksimal dan optimal, yakni mendalami ilmu, moral dan iman, yang ditujukan kepada peningkatan kemanusiaan, dalam kerja sama intern civitas akademika, bersama potensi ekstern (sesama perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat luas), sehingga menghasilkan sarjana yang bermutu, beriman, bermoral, berperikemanusiaan, menjadi a man for others khususnya bagi mereka yang miskin, dan mejadi pemimpin masyarakat.

Visi Universitas adalah terbentuknya komunitas akademik yang reflektif dan kreatif serta dilandasi oleh nilai-nilai pancasila dan prinsip-prinsip Kristiani.
 

Nilai-nilai

  • Nilai Kebenaran Ilmiah

  • Nilai kebebasan akademik, keadilan dan cinta kasih

  • Nilai kerendahan hati

  • Nilai kejujuran dan kesederhanaan

  • Nilai integritas

  • Nilai ketekunan dan kesabaran

Informasi

Dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat; Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bersemboyan "Non Scholae sed Vitae Discimus". Semboyan ini berarti: "Kita belajar bukan hanya demi ilmu pengetahuan belaka, melainkan demi kehidupan".

 

Jalan Manggis No. 15-17, Kejuron, Taman, Kec. Madiun, Jawa Timur 63131

(0351) 463311
Program Studi
Fakultas Jenjang Program Studi Akreditasi
EkonomiS1AkuntansiB
EkonomiS1ManajemenB
Keguruan & Ilmu PendidikanS1Bimbingan dan KonselingB
Keguruan & Ilmu PendidikanS1Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia & DaerahC
Keguruan & Ilmu PendidikanS1Pendidikan MatematikaB
MIPAS1BiologiC
MIPAD3Farmasi
PsikologiS1PsikologiC
SastraS1Sastra InggrisC
TeknikS1Teknik IndustriC
Anggota APTIK