Unika Santo Thomas

Profil

Sejarah Universitas

Gagasan untuk mendirikan universitas lahir dari kebutuhan “perlu diusulkan seminari tinggi filsafat dan teologi diakui dan disamakan ijazahnya dengan perguruan tinggi pemerintah” pada rapat Diosesan 1977 dan kemudian dibicarakan lagi pada rapat Diosesan 1982 dengan nota yang berbunyi dirasakan perlu adanya Universitas Katolik di Keuskupan Agung Medan. Untuk menampung aspirasi tersebut, Keuskupan Agung Medan membentuk panitia yang ditugaskan untuk mempelajari kemungkinan mendirikan Universitas Katolik. Berdasarkan hasil penelitian panitia, Uskup Agung Medan memutuskan untuk mendirikan Universitas. Berdasarkan surat Kopertis Wilayah I dengan surat persetujuan Nomor 091/SK/Kop. I/1984 tanggal 23 April 1984 berdirilah Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.

Sebelumnya di Keuskupan Agung Medan sudah berdiri Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) dan Akademi Sekretaris dan Manajemen (ASM) YPK Budi Murni berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 069/0/1984. Dengan berdirinya Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara kedua pendidikan tersebut telah bergabung dengan Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara.Fakultas STFT menjadi Fakultas Filsafat dan ASM Budi Murni menjadi Program D-3 di bawah naungan fakultas ekonomi.

Tahun Ajaran 2010/2011 Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara telah membuka Satu Fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan telah menerima mahasiswa baru Tahun Ajaran 2010/2011.

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara sampai saat initelah mempunyai 8  fakultas dan 18 program studi yaitu : 1) Fakultas Filsafat program studi Ilmu Filsafat S1, 2) Fakultas Ekonomi program studi : Manajemen S1, Akuntansi S1, D3 Akuntansi, D3 Administrasi Perkantoran, 3) Fakultas Sastra program studi : Sastra Inggris S1, 4) Fakultas Pertanian program studi : Teknologi Hasil Pertanian S1, Agroteknologi S1, Agribisnis S1, 5) Fakultas Teknik program studi : Teknik Sipil S1 dan Arsitektur S1, 6) Fakultas Hukum program studi : Ilmu Hukum S1, 7) Fakultas Ilmu Komputer program studi : Teknik Informatika S1, Sistem Informasi S1, 8) Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan (FKIP) program studi :Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1, Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia S1, Pend.Bahasa Inggris S1 dan Pend.Matematika S1.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

Visi dan Misi

Visi Universitas Katolik Santo Thomas

Visi & Misi UNIKA Santo Thomas dirumuskandalam Statuta UNIKA Januari 2016, pasal 2 dan 3, yang berbunyi:

Visi

UNIKA Santo Thomas SU bercita-cita menjadi universitas yang berskala internasional, yang inovatif, humanis,  berbudaya berdasarkan Pancasila dan nilai-nilai Kristiani

Misi Universitas Katolik Santo Thomas

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran untuk pembentukan manusia yang berkualitas dan berintegritas.
  2. Mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah serta ketrampilan dalam bidang ilmu, teknologi dan seni.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang ramah lingkungan demi kesejahteraan manusia.
  4. Melaksanakan pembangunan masyarakat akademik yang berkarakter dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan yang universal.
  5. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  6. Menjalin kerjasama dengan semua pihak, baiklokal, nasional, dan internasional.

Informasi

 Jl. Setia Budi No. 479-F Tanjung Sari Medan 20132 
 061-8210161 
 061-8213269 
 info@ust.ac.id 
 unikasintthomas.secretariat@gmail.com

FB :UniversitasKatolik Santo Thomas

IG: unika_santothomas

Youtube: Unika Santo Thomas Sumatera Utara

Tujuan Umum

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai yang diamanatkan oleh UUD 1945, GBHN dan perundang-undangan yang berlaku dengan menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan sesuai dengan bidang keahlian yang digeluti.

 

Tujuan Institutional

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, jujur, berintegritas dan bermoral Kristiani serta mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara.

Tujuan Pengembangan

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas sesuai misinya.

Profil Mahasiswa

Profil Dosen

Program Studi

Berita terkait: