Berita & Peristiwa

Seminar & Workshop On ACS In Emergency Cardiac Life

Seminar and Workshop On ACS In Emergency Cardiac Life diadakan pada Sabtu, 15 Desember 2018. Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa mahasiswi Prodi Ilmu Keperawatan 2015 (Nukleus Class) yang bertujuan untuk mengembangkan suasana akademik di lingkungan STIKVINC.

Registrasi peserta dimulai pada pukul 06.30 WIB-07.45 WIB kemudian dilanjutkan dengan perarakan pembicara beserta moderator dan notulen secara simbolis untuk membuka acara seminar dan workshop. Setelah itu acara dimulai dengan doa pembukaan, lalu dilanjutkan dengan beberapa sambutan seperti ketua panitia (Albertus Agung Tricahyo) dan ketua STIKES St. Vincentius A Paulo Surabaya (Sr. Sri Winarni, SSpS,MN.,Ners). Setelah sambutan selesai, dilanjutkan dengan sesi pertama oleh pembicara dr. Ruthvi Adriana Sp.JP,FIHA (Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah) dan materi yang dibawakan Konsep Medis pada ACS. Setelah memberikan seminar maka dilanjutkan sesi tanya jawab selama kurang lebih 15 menit untuk 3 orang penanya dan pemberian cindera mata

Sesi ke 2 dimulai dengan moderator (Paulus Moses Ruing) dengan pembicara Sr. Sri Winarni SSpS, MN.,Ners dengan materi Asuhan Keperawatan pada Pasien ACS, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama kurang lebih 15 menit untuk 3 orang penanya dan pemebrian cindera mata. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi ke 3 yang dimoderatori oleh Angelina Devista Putri Effendy, dengan pemateri Ns. Agustinus Minarko, S.Kep (Perawat Pelaksana di IGD RKZ Surabaya) dan materi yang dibawakan adalah Konsep Resusitasi Jantung Paru Otak.

Acara dilanjutkan dengan Workshop Resusitasi Jantung Paru Otak, Ns. Agustinus Minarko, S.Kep berkolaborasi bersama dengan Ibu Kurniawati, SST (Kepala Ruangan ICCU GBPT RSUD Dr.Soetomo Surabaya & Tim Kardiovaskuler Jawa Timur) dalam mempraktikkan cara dan prinsip-prinsip dalam Resusitasi Jantung Paru Otak serta meluruskan beberapa persepsi yang selama ini salah dan menjelaskan beberapa update dari Resusitasi Jantung Paru Otak. Setelah itu dibuka sesi tanya jawab, lalu setelah selesai maka seluruh peserta istirahat. Setelah istirahat makan siang maka seluruh peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok, seluruh perserta dalam anggota kelompok wajib maju ke depan untuk mempraktikkan RJPO masing-masing pada satu boneka dengan aplikasi bentuk kasus. Kemudian diberikan evalusi dan masukkan kepada seluruh peserta oleh pembicara. Semoga harapan dan tujuan dari kegiatan ini tercapai dan dapat meningkatkan kopentensi perawat sehingga semakin lebih baik.

Lainnya: