Berita & Peristiwa

Ulang Tahun Ke-25 Tahun Program Studi Magister Manajemen UAJY

Tepat dihari ulang tahun ke-25 (ulang tahun perak) Program Studi Magister Manajemen (MM UAJY), kota Yogyakarta diguyur hujan abu. Abu yang berwarna perak menjadi simbol kemakmuran, kesuburan dan rejeki berlimpah. Demikian juga prodi MM UAJY, semoga diusianya yang matang ini dapat menjadi berkat bagi masyarakat. Program Studi Magister Manajemen UAJY mendapat pengakuan Dikti tgl 10 Mei 1993. Ulang tahun seperempat abad prodi MM UAJY ini diawali dengan kuliah umum dengan topik How to survive in disruptive era dengan mengundang pebisnis dari Yogyakarta sekaligus alumni FE UAJY 1980/81 Dra Selly Sagita yang adalah pemilik Borobudur Silver. Kuliah umum diikuti oleh para mahasiswa Magister dan Sarjana Strata 1 serta kalangan akademik UAJY.

2

Syukuran diadakan di Gedung Pasca Sarjana UAJY dengan dihadiri oleh Rektor dan para pejabat teras di lingkungan UAJY dan para mantan pejabat pasca sarjana dan ketua program studi MM UAJY. Rektor UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, SH. LLM dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan bangga dengan pencapain yang selama ini sudah diperoleh prodi MM. Sedangkan direktur pertama pasca sarjana Drs Gunawan Jiwanto, MBA mengatakan bahwa program pasca sarjana UAJY diawali dengan membuka program Magister Manajemen pada tahun 1993. Kuliah 2 tahun pertama berlangsung di Gedung Bank Lippo Jl. Jend Sudirman Yogya. Setelah Pasca Sarjana mempunyai kampus sendiri, maka kuliah dipindahkan ke kampus Bonaventura, Jl Babarsari No 43 sampai sekarang. Animo masyarakat untuk studi jenjang S2 makin meningkat setiap tahunnya, Namun demikian pendidikan tinggi juga tidak dapat mengindar dari disruptif era,sehingga pengelola saat ini pasti penuh tantangan. Oleh karenanya gunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Demikian kata pak Jiwan begitu panggilan akrabnya.

Sementara ketua program studi Magister Manajemen Dr Jeanne Ellyawati, MM mengatakan  bahwa saat ini Prodi MM UAJY sudah mendapatkan akreditasi A, sehingga ke depan diharapkan dapat terus berkembang dengan meningkatkan kualitas lulusan maupun staf pengajarnya serta selalu meng-update kurikulum sehingga output lulusannya sesuai dengan kebutuhan pasar. Target 4 tahun ke depan diharapkan prodi MM UAJY sudah mempunyai kelas internasional. Saat ini MM UAJY sedang merintis kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi luar negeri di Asia, Australia dan Eropa. Bentuk kerjasamanya seperti pertukaran pelajar/dosen, joint degree maupun double degree, joint publication, joint research, dll.

Jejaring alumni untuk jenjang magister juga perlu digiatkan untuk kepentingan institusi maupun alumni itu sendiri. Jejaring alumni bagi mahasiswa dapat digunakan sebagai ajang untuk sharing informasi kebutuhan tenaga kerja, peluang bisnis dan ikatan persaudaraan untuk membangun fanatisme almamater, tambah Ellyawati.

3

Kerjasama dengan pemerintah RI juga dilakukan yaitu dalam program Darma Siswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) dengan beberapa negara sahabat seperti, Madagaskar, Laos, Nepal, China, Serbia, Thailand, Timor Leste, Costa Rica, Uzbekistan, Liberia, Yaman, dll. Sedangkan kemitraan dengan institusi juga dijalin kerjasama dengan beberapa institusi nasional ternama dalam kegiatan rekrutmen staff, magang, work shop/kuliah umum, penelitian, bea siswa,pengabdian pada masyarakat, pengembangan kompetensi mahasiswa dll. Sedangkan kemitraan dengan institusi luar negeri lebih pada kolaborasi akademik dan penelitian, joint conference, joint research dan co-sponsorship seminar international. Begitu penjelasan dari kaprodi MM Ellyawati.

Akhirnya acara sukuran 25th Prodi MM UAJY ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor dan makan siang bersama dengan dosen dan mahasiswa Magister Manajemen. Kami seluruh jajaran dan staf Pasca Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengucapkan “DIRGAHAYU Program Studi Magister Manajemen ke-25”. Kami berharap Prodi MM UAJY selalu memberikan layanan terbaik, semakin berkualitas dan selalu adaptif terhadap perubahan teknologi dan informasi sehingga output lulusannya dapat memenuhi kebutuhan pasar dan dapat bersaing di kancah nasional bahkan internasional.

 

Lainnya: