Berita & Peristiwa

Asah Hobimu, Jadikan Pekerjaan Yang Menyenangkan

Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMPSM FE UAJY) mengadakan Seminar Nasional dengan tema “Do Your Hobby and Become Inspiration”. Seminar ini mengulas tentang bagaimana seseorang dapat meyalurkan hobi yang dimiliki menjadi sebua bisnis dan dapat menginspirasi banyak orang.

Seminar Nasional Ekonomi Manajemen ini berlangsung di Auditorium Gedung Thomas Aquinas UAJY pada hari Rabu (9/5). Acara ini mengundang tiga pembicara yaitu Yohanes Priyadi Wibisono, S.T.,M.M , Marcella Febrianne H. (Cindercella), dan Ernanda Putra.

Tiga pembicara tersebut berasal dari kalangan yang berbeda. Meskipun begitu, mereka mengawali karir dan kesuksesannya dari sebuah hobi. Seminar ini menargetkan mahasiswa yang masih kebingungan dalam menyeimbangi hobi dan cita-cita mereka. Ada banyak cara untuk meneruskan sebuah hobi serta membuatnya menjadi sebuah bisnis yang berguna.

Yohanes Priyadi, owner dari Omah IT mengatakan bahwa “Saya pernah bekerja sama orang, tetapi saya ternyata lebih puas bekerja sendiri”. Priyadi merupakan seseorang yang memiliki sebuah hobi di bidang IT, ketika di bangku kuliah ia pernah bekerja dengan orang dalam membuat program-program. Dirasa hal tersebut menghabiskan waktu, akhirnya ia memutuskan untuk membuat beberapa program sendiri dan dibantu dengan teman-teman kontrakannya hingga saat ini. “Memulai bisnis itu sederhana, hanya menjual kemalasan seseorang,” lanjutnya.

1526187102705

All our Dreams can come true, if we have the courage to persue them”, sebuah kutipan yang dibacakan oleh Ernanda Putra founder dari Makna Creative ini selalu dipegangnya untuk terus melanjutkan mimpinya dalam membuat desain-desain dan berkolaborasi dengan perusahan-perusahaan ternama. Memulai sebuah bisnis sejak 2013 dengan memiliki dua pekerja, menumbuhkan semangat Ernanda dalam mengelola bisnis ini menjadi perusahaan iklan yang saat ini telah memiliki nama.

Pembicara terakhir datang dari seorang Beauty Vlogger (BeVlog), yaitu Marcella Febrianne atau yang akrab dipanggil Cindercella. Memiliki hobby make-up bertema face painting membuat ia dikenali oleh orang banyak serta mempunyai fans tersendiri. “Awalnya aku iseng-iseng upload foto ke Instagram, terus banyak yang komen buat dimintain tutorialnya. Akhirnya aku buat Youtube Channel dan update tutorial disana (Youtube)”.

Ia juga menjelaskan bahwa bermain dengan warna ketika melakukan make-up menunjukan ekspresi diri seseorang. Berawal dari hobi yang dimilikinya ini, kini Cindercella juga berencana membuat brand make-up sendiri.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari seminar ini, yaitu memperkaya pengetahuan tentang cara menyalurkan hobi yang dimiliki menjadi sebuah bisnis serta cara menghadapi tantangan di dalamnya.

Lainnya: