Berita & Peristiwa

Mgr. Rubiyatmoko Pimpin Misa Syukur Akreditasi A UAJY

Yogyakarta – Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merayakan predikat akreditasi A dengan misa (ibadah) syukur pada Rabu (9/5). Mgr. Robertus Rubiyatmoko sebagai selebran utama memimpin misa tersebut di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Misa syukur tersebut mengangkat tema “Roh Kebenaran akan Memimpin Kamu”. Mgr. Rubi tidak sendirian dalam memimpin misa syukur. Ia ditemani oleh keempat pastor lainnya, yakni Romo Stefanus Suratman Gitowiratmo, Pr., Romo Paulus Triwahyu Widiantoro, Pr., dan Romo A. Setya Budi Sambodo, Pr.

“Nilai A adalah sesuatu yang biasa dan sudah seharusnya, atau luar biasa karena merupakan sebuah kesalahan, atau seharusnya bisa mendapat lebih dari A?,” tanya Monsinyur Rubi pada seluruh umat guna memulai khotbahnya. Pertanyaan tersebut disambut dengan gelak tawa seluruh civitas UAJY yang hadir sebagai umat.

2

Rektor dan beberapa dosen berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Mereka memilih opsi pertama, yakni sudah sewajarnya meskipun diikuti dengan argumen yang berbeda-beda.

“Sudah sewajarnya dan luar biasa. Seharusnya sejak lima tahun lalu (UAJY mendapat predikat A), namun dengan usaha dan kerja keras seluruh civitas, nilai A bisa menjadi sesuatu yang luar biasa bagi kami,” tutur Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., L.LM, Rektor UAJY.

Ia melanjutkan, letak luar biasa tampak dari maksimalnya usaha yang telah dilakukan segenap civitas UAJY. Lebih dari itu, seluruh komponen menyadari dan berupaya untuk meraih akreditasi A. Nilai tersebut menjadi buktinya.

3

Mgr. Rubi menanggapi seluruh jawaban para umat dengan tersenyum. Tak lupa, ia mengingatkan seluruh umat untuk bersyukur. Usaha dan kerja keras seluruh civitas UAJY mampu menghasilkan sesuatu. Hal tersebut lekat kaitannya dengan proses yang terus terjadi dari waktu ke waktu hingga mencapai puncaknya.

“Usaha dan kerja sama untuk mengembangkan eksistensi di tengah masyarakat merupakan sebuah perjuangan yang tak pernah berhenti. Anugerah nilai A tidak sekedar usaha manusiawi tapi Tuhan bekerja dalam diri kita masing-masing untuk kebaikan bersama,” kata Mgr. Rubi melanjutkan khotbahnya.

UAJY telah mendapat akreditasi A. Pada hari yang sama pula,  Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA selaku Koordinator Kopertis Wilayah V Yogyakarta menyerahkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ia memberikannya pada Gregorius Sri Nurhartanto, Rektor UAJY.

Lainnya: