Berita & Peristiwa

Universitas Atma Jaya Yogyakarta Terakreditasi A

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memperoleh predikat Akreditasi A berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT SK No. 54/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2018. SK tersebut berlaku sejak tanggal 27 Maret 2018 sampai dengan 27 Maret 2023. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung pada Senin (7/5) di Ruang Diskusi Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Dalam konferensi pers tersebut, hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M (Rektor UAJY), The Jin Ai, S.T., M.T., Dr. Eng (Wakil Rektor I), R. Sigit Widiarto, S.H.,LL.M (Wakil Rektor III), Prof. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc, Ph.D. (Ketua Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta) dan Drs. AJ. Liem Sioe Siet (Pembina Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta).

Proses akreditasi berlangsung cukup lama. Pada tahun 2016, Kemenristekdikti mengumpulkan beberapa perguruan tinggi yang berpotensi untuk naik dari Akreditasi B ke Akreditasi A dan salah satunya adalah UAJY. Jadi sejak lebih kurang April 2016, UAJY sudah mengikuti program tersebut. Selain itu, UAJY juga mengikuti workshop dan bimbingan teknis dari Kemenristekdikti. Pada akhirnya tanggal 7 Agustus 2016, UAJY berhasil menyelesaikan dan mengunggah berkas akreditasi ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online. Proses yang berjalan di Badan Akreditasi cukup lama, jadi kita sudah mengajukan dari pertengahan tahun lalu, namun baru dapat dilakukan asesmen lapangan pada tanggal 7-9 Maret 2018 dan hasilnya baru diumumkan pada 27 Maret 2018.

“Pencapaian akreditasi ini menunjukkan bahwa sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta sudah berlangsung dengan baik yang selama ini dikelola oleh Kantor Pengembangan dan Peningkatan Mutu Akademik,” jelas The Jin Ai, S.T., M.T., Dr. Eng, Wakil Rektor I UAJY.

4

“Atas nama seluruh organ yayasan kami sangat berterima kasih dan ikut bangga atas prestasi yang sudah dicapai oleh jajaran universitas, fakultas dan tim penyusun borang. Ini merupakan suatu capaian yang bersifat kolektif tidak hanya per individu. Sejak awal yayasan sudah menempatkan target ini sebagai salah satu target utama dan tantangan bagi pimpinan universitas yang terbaru adalah mendapatkan Akreditasi A dan sekarang sudah tercapai,” ujar Prof. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc, Ph.D., Ketua Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta.

Sebagai informasi, UAJY memiliki 6 Fakultas dengan 12 program studi yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi dan Fakultas Teknologi Industi. UAJY juga mempunyai 6 program S-2 yaitu Magister Ilmu Hukum, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Manajemen, Magister Arsitektur, Magister Teknik Informatika dan Magister Teknik Sipil. Saat ini UAJY sedang menuju World Class University, di mana UAJY di level internasional diakui.

“Saat ini UAJY juga ingin mencapai ke World Class University di mana keberadaanya di level internasional itu diakui. Maka kami melakukan berbagai upaya seperti meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mendorong publikasi hasil riset dosen agar bisa terakreditasi dalam jurnal-jurnal internasional yang bereputasi dan meningkatkan jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi asing,” jelas Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M, Rektor UAJY

Lainnya: