Berita & Peristiwa

Camping Kepemimpinan

Kegiatan Camping Kepemimpinan Mahasiswa Katolik dengan tema “Bersama Alam Kita Menjadi Mahasiswa yang Peka dan Kuat Menghadapi Zaman”telah dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 April 2018  di Aswin Loka Kandangan Kec. Kare Kab. Madiun. Sejalan dengan arah dasar Keuskupan Surabaya tahun ini yaitu tahun orang muda Katolik, melalui kegiatan ini Tim Campus Ministry mengajak mahasiswa Katolik untuk semakin mencintai imannya sehingga mereka dapat terus bersemangat dalam hidup bermasyarakat dan gereja.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M.Para peserta camping dimotivasi untuk menghayati dan berperan maksimal dalam setiap kegiatan. Suster Dra. C. Fitri Murniarti, OSU., selaku ketua Campus Ministry, juga mengajak peserta untuk selalu bergembira, bersemangat, bekerjasama, dapat peduli sekitar, dan berperan aktif melalui berbagai macam kegiatan. Melalui Camping kepemimpinan ini, peserta diharapkan mampu menjadi agen perubahan di mana mereka mengabdi dan berkarya untuk siap kembali ke masyarakat.

Berawal dari kegiatan membangun tenda dalam kelompok dan kegiatan lapangan, peserta dapat belajar bagaimana menghadapi tantangan secara bersama-sama. Peserta juga melakukan refleksi pribadi tentang dirinya sendiri, bagaimana hubungan mereka dengan Tuhan. Melalui kegiatan sharing dan diskusi kasus, peserta juga belajar menghayati perannya dalam masyarakat dan alam. Malam harinya, peserta diajak mengikuti Jalan Salib untuk menguatkan iman mereka dan berserah kepada Kristus. Pada hari terakhir, peserta melakukan kegiatan lapangan yang dimulai dari pos pertama di Aswin Loka hingga pos terakhir di air terjun. Dalam perjalanan mereka menuju air terjun, mereka diajak untuk mengenal dan meneladani karakter-karakter dalam tokoh kitab suci, sambil menikmati keindahan alam. Sebagai acara puncaknya, Romo Boedi Prasetijo selaku Ketua Yayasan Widya Mandala Madiun menutup kegiatan camping ini dengan mempersembahkan perayaan ekaristi. Acara penutupan juga di hadiri oleh Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M., beliau berpesan agar semangat para peserta tidak berhenti sampai di kegiatan ini saja tapi terus berkobar ketika kembali ke masyarakat, gereja, dan lingkungan kampus, mereka juga diharapkan dapat mengajak teman-teman lainnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang serupa.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi kegiatan yang rutin mengingat betapa kerasnya tantangan dan tekanan yang dihadapi orang muda saat ini, di mana mereka harus dapat menjadi pribadi yang tangguh dan ulet dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi. (Shela)

Lainnya: