Berita & Peristiwa

Diklat Kewirausahaan dan Pameran Produk Mahasiswa, 21 April 2018

Sabtu 21 April 2018 bertempat di Auditorium UnikaWIdya Mandala Madiun, dilaksanakan Workshop Kewirausahaan dan Pameran Produk,  kegiatan ini merupakan program diklat kewirausahaan yang ketiga, yang diselenggarakan oleh tim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Unika Widya Mandala Madiun yang mendapatkan hibah pendanaan oleh Kemenristek Dikti mulai tahun pendanaan 2018. Program Pengembangan Kewirausahaan ini merupakan skim hibah Pengabdian kepada Masyarakat Multi Tahun (3 tahun) yang ditawarkan oleh Kemenristek Dikti, diketuai oleh Veronika Agustini S., SE.,M.Si; dengan anggota: Sri Rustiyaningsih, S.E., M.Si. Ak., C.A., L. AnangSetiyo W, ST. MT, dan ViviAriyani, SE., M.Sc. Pelaksanaan diklat kewirausahaan yang pertama dilaksanakan di I-Club Madiun (salah satu Mitra PPK Unika Widya Mandala) dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion) dan Brainstorming antara tenant dengan mentor (Soni Hendarto, entrepreneur berbagai bidang usaha dan salah satunya adalah bidang kuliner (I-Club dan Jiero Wedangan Madiun) pada tanggal 2 Maret 2018. Program diklat kewirausahaan yang kedua adalah pelatihan pembibitan ikan lele, dengan instrukturnya adalah pemilik usaha pembibitan lele (Bapak Bambang) pada tanggl  7 April 2018 di lokasi usaha bapak Bambang.

Diklat Kewirausahaan pada tanggal 21 April tersebut diselenggarakan oleh Tim PPK Unika Widya Mandala Madiun bekerja sama dengan beberapa mitra salah satunya adalah“ Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki St. Cornelius Madiun”. Sesuai dengan Arah Dasar Keuskupan Surabaya 2010 – 2019 yang tertuang dalam buku Buku Arah Dasar Keuskupan Surabaya 2010 – 2019 Bidang Kerasulan Umum, PRIORITAS PROGRAM Bidang Pastoral ‘Pengembangan Sosial Ekonomi’ (PSE) adalah: Seluruh program kegiatan Pengembangan Sosial Ekonomi diarahkan pada salah satunya adalah pengembangan kesadaran dan partisipasi umat dalam upaya pemberdayaan kewirausahaan bagi petani dan kaum muda. Kegiatan ini ditujukan bagi orang muda agar kaum muda memiliki semangat untuk berwirausaha, memiliki impian untuk menciptakan lapangan kerja bukan sekedar mencari pekerjaan. Diklat dibuka langsung oleh Romo Kepala Paroki St. Cornelius yang diwakili oleh RD. Antonius Yanuardi Hendro Wibowo sebagai Romo Rekan. Sambutan untuk mengawali acara workshop dilakukan oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Agustinus Mujian, SE.,M.Sc). Para peserta dimotivasi untuk berani keluar dari zona nyaman dengan belajar membangun usaha secara mandiri dengan mengembangkan jejaring yang dapat saling bersinergi untuk langkah pengembangan usaha, hal ini dapat dipermudah jika para startup bisnis mampu memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini berkembang pesat sebagai strategi pemasaran produk. Untuk membekali knowledge bagaimana memulai usaha, peserta workshop, Tim PPK Unika Widya Mandala Madiun menghadirkan beberapa narasumber untuk berbagi pengalaman sukses dan memotivasi peserta, yaitu: 1) Andro Rohmana Putra, S.E. (Ketua HIPMI BPC Madiun  pemilik The Cemiland Madiun serta founder Jakcloth yang merupakan market place distro pertama dan ternama di Indonesia); 2)Martin Aditama (Pemilik Usaha Jago Lipat Madiun sekaligus alumni Prodi Manajemen Unika Widya Mandala Madiun) ; 3) L. Anang Setyo W, ST., MT. (Dosen Teknik Industri Unika Widya Mandala Madiun); 4)Veronika Agustini, SE., M.Si, (Dosen Prodi Manajemen FEB, Unika Widya Mandala Madiun); 5) Mujib Burokhman (Divisi Community Management Buka Lapak.Com); 6) Ameliya (Mahasiswi semester 6, Prodi Manajemen, FEB, Unika Widya Mandala Madiun sekaligus pemilik usaha “Flamingo Decoration.”

Acara-acara serupa akan diagendakan pada program selanjutnya dengan bekerjasama pada mitra PPK Unika Widya Mandala seperti: Andro Rohmana Putra, S.E. sebagai mentor dalam bentuk kegiatan workshop penyusunan business plan serta pelatihan pembuatan web dengan Mujib Burokhman sebagai pelatih dan mentor.

 

Lainnya: