Berita & Peristiwa

Mahasiswa FTP Unika Internship ke Lima Universitas di Asia

Setiap tahun dari Januari hingga Maret, biasanya Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata mengadakan program Internship, yaitu kerjasama antara FTP Unika dengan beberapa fakultas atau departemen sejenis di beberapa universitas di Asia.

"Kegiatan internship ini merupakan salah satu program realisasi MoU antara Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata dengan universitas lain yang berada di luar negeri. Program tahunan ini sudah berjalan dari sejak tahun 2009, waktu itu dengan Universitas Assumption Thailand, lalu jumlah mitra program semakin berkembang. Kali ini, kita juga menambah mitra, yaitu Universitas Dongseo Korea dan Universitas Providence Taiwan. Dari kegiatan internship ini diharapkan akan semakin meningkatkan kapasitas akademik insitusi sekaligus memberikan paparan terhadap dunia internasional yang baik bagi mahasiswa. Harapannya, hasil penelitian bersama tersebut dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi dan yang lebih penting, dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan mutu, keamanan, dan keberagaman makanan bagi masyarakat" ungkap Dr. Probo Y. Nugrahedi selaku dekan FTP Unika Soegijapranata.

Pada periode ini, FTP Unika bisa memberangkatkan 19 mahasiswa angkatan 2015 ke lima universitas dalam lingkup tiga negara yaitu Taiwan, Thailand dan Korea. Adapun sebarannya meliputi, 2 mahasiswa di Universitas Providence-Taiwan, 5 mahasiswa di Universitas Katolik Fu Jen-Taiwan, 3 mahasiswa di Universitas Mahidol-Taiwan, 4 mahasiswa di Universitas Assumption-Thailand dan 5 mahasiswa di Universitas Dongseo di Korea.

Program internship ini merupakan projek kerjasama penelitian antara Program Teknologi Pangan serta Nutrisi dan Teknologi Kuliner Unika Soegijapranata dengan lima universitas dengan melibatkan para mahasiswa yang sudah terpilih. Para mahasiswa, terbagi menjadi lima kelompok, akan berangkat ke Korea, Taiwan, dan Thailand selama 1,5 hingga 3 bulan, mulai awal Januari 2018.

“Program internship ini bisa juga berarti latihan meneliti dalam konteks internasional, namun ada tujuan lain yang baik untuk para mahasiswa yaitu meningkatkan paparan akademik mereka dengan dunia internasional sehingga mereka bisa mengalami bagaimana cara menurus visa dan persiapan lainnya sebelum berangkat ke negera tujuan serta tantangan lainnya yang muncul selama persiapan maupun pelaksanaan studi mereka di negara tujuan. Hal ini penting supaya mahasiswa mempunyai pengalaman yang dibutuhkan ketika sudah lulus nantinya,” tutup Probo.

http://news.unika.ac.id/2017/12/mahasiswa-ftp-unika-internship-ke-lima-universitas-di-asia/

Lainnya: