Berita & Peristiwa

Campus Talk: Early Contractor Involvement In Perspective

Selasa, 21 November 2017, Program Studi Teknik Sipil Internasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar Campus Talk dengan tema “Project Management” di Student Lounge Kampus 2 UAJY. Acara ini dibagi dalam dua sesi dengan pembagian menurut pembicaranya. Sesi pertama berlangsung pada tanggal  13-15 November 2017  dan diisi oleh Prof. Kusayanagi yang berasal dari Tokyo University, Japan. Sesi kedua berlangsung pada tanggal 21-22 November 2017 dengan pembicara Dr. Christopher Leong dari Rider Levett Bucknall LLP. Christopher Leong menyampaikan 3 materi yaitu Early Contractor Involvement (ECI) in Perspective, Building Defects: Duty of Care and the “Independent Contractor” Defebce, Design Thinking: The Management Imperative to Disruptive Challenges.

Dalam pemaparannya mengenai Early Contractor Involment (ECI) in Perspective,  Christopher Leong menerangkan bahwa latar belakang dan sejarah berdirinya ECI merupakan panduan untuk membantu pengguna menerapkan keterlibatan kontraktor awal menggunakan kontrak teknik dan kontruksi.

“ECI masuk dalam proses dimana seorang kontraktor mengambil bagian dalam tahap pengembangan desain dan perencanaan kontruksi sebuah proyek yang kemudian dikenal luas sebagai sesuatu yang bermanfaat,” jelas Christopher.

Salah satu topik yang diangkat oleh Christopher Leong adalah masalah yang sering muncul sewaktu seseorang menjadi seorang kontraktor pemula. Masalah tersebut adalah administrasi dalam proyek yang tergolong mahal, hal mengenai waktu dan komitmen ketenagakerjaan ditentukan oleh klien dan kontraktor, adanya kompetisi dalam kekurangan biaya, keengganan dalam membagi informasi yang vital dan  level komitmen tidak rata serta penerapan sistem tender dalam sebuah pengambilan proyek dilapangan.

Acara Campus Talk ini Program Studi Teknik Sipil Internasional yang dibuka untuk seluruh angkatan. Menurut salah satu peserta, acara ini sangat bermanfaat bagi persiapan penerjunan setelah masa kuliah usai dan sebagai bekal dalam dunia kerja.

“Materi yang disampaikan juga baru dan belum pernah disampaikan oleh dosen mata kuliah dalam kegiatan perkuliahan,” ungkap salah satu peserta.S__24182942

Lainnya: