Berita & Peristiwa

Yang Unik Dari Lokasi Parkir UAJY

Sebuah universitas diharapkan mempunyai kreativitas di bidang akademik maupun non akademik. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), kreativitas bahkan ditunjukkan oleh para petugas parkir mobil. Agung Sahari seorang petugas parkir di Kampus 2 Gedung Thomas Aquinas UAJY membuat inovasi dengan mengatur formasi mobil tidak seperti umumnya yaitu dengan menyusun sesuai warna mobil.

Formasi merah putih1

Keunikan ini berangkat dari kejenuhan melihat formasi parkir yang biasa saja, maka dari itu Agung mempunyai ide untuk menyusun formasi warna mobil. Agung menuturkan bahwa inovasi ini sudah berjalan satu tahun belakangan. Dengan dibantu tim petugas parkir mobil yaitu Ari, Wiyono dan Heri parkiran kampus 2 UAJY setiap harinya menampillkan berbagai formasi warna mobil yang kreatif, unik dan menarik.

Formasi hitam putih

Agung mengaku mendapat kesulitan dalam  menyusun formasi tersebut. “Kendalanya suka pekewuh, ga enak, dikira tidak boleh parkir, tetapi dosen atau mahasiswa kemudian paham dengan kondisi parkir,” tutur Agung.

Salah satu pengemudi mobil menanggapi aksi Agung dan kawan-kawan dengan positif. “Nggak papa sih kalo aku, malah kadang penasaran bapaknya tu mau ngapain,” jelas Sheilla seorang mahasiswa pengguna parkir Kampus 2.

Formasi merah putih

Agung mengaku bahwa memang pada bulan September dan Oktober formasi terlihat sering berganti. Mulai dari formasi warna yang sama sampai dengan formasi warna yang berselang-seling, misalnya pada baris pertama mobil diisi dengan warna putih dan baris kedua diisi dengan merah atau warna merah dan putih di atur berselang-seling.

Dalam menyusun formasi, penentuan awal formasi dilihat dari mobil pertama yang masuk ke parkiran dan setelah itu Agung dan tim menyusun formasi sesuai pola awal yang ada. Keunikan ini mejadi trending topicmahasiswa UAJY khususnya mahasiswa Kampus 2. Para mahasiswa baru sadar setelah melihat salah satu akun mahasiswa yang mengunggah pada instagram story.

Formasi putih

Agung dan tim mengaku adanya rasa bangga setelah berhasil membuat formasi yang diinginkan. Dia berharap hal ini dapat menginspirasi gedung-gedung lain di Kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Ia juga berharap formasi unik ini tidak menimbulkan protes dari para pengemudi. Harapannya agar kreativitas ini bisa tetap berlangsung lama dan semakin inovatif.

DSC_9819

Lainnya: