Berita & Peristiwa

Diskusi Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Dengan Joyce Bender

Salah satu hak setiap manusia adalah memperoleh pekerjaan. Namun hal tersebut masih jarang didapatkan oleh masyarakat penyandang disabilitas. Kurangnya kepercayaan kemampuan dan pengetahuan mengenai disabilitas merupakan faktor perusahaan tidak merekrut mereka. Melihat keadaan ini, Embassy of the United States of America yang bekerjasama dengan Kantor Kerjasama dan Promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan diskusi pada hari Selasa (3/10) di Ruang III.3 Gedung Bonaventura UAJY.

IMG_20171003_093758

Tema diskusi tersebut adalah “Economic Empowerment For People With Disabilities” dengan pembicara President dan CEO Bender Consulting Service, Joyce A. Bender dan juga menghadirkan Mary Burough selaku Chief of Bender Consulting Service dan Jed Taro Dornburg selaku perwakilan dari Embassy of the United States of America. Diskusi ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan juga beberapa instansi yang terkait dengan pemberdayaan dan pendampingan bagi penyandang difabel.

Diskusi ini dibuka oleh Drs. Ign. Agus Putranto, M.Si selaku Kepala Kantor Kerjasama dan Promosi dan Jed Taro Dornburg.

“Materi yang disampaikan dalam diskusi ini diharapkan agar generasi muda dapat mengadopsi dan menerapkan di Indonesia. Bukan saja hanya memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas, tapi juga memberikan nilai lebih dari hal tersebut,” ujar Jed.

IMG_20171003_093506

Joyce mengaku bahwa dirinya juga merupakan salah satu bagian dari penyandang disabilitas. Epilepsi yang dideritanya membuat dirinya tidak diterima pada semua perusahaan. Dari pengalaman diri sendiri, Joyce mendirikan sebuah perusahaan yang memberdayakan para penyandang disabilitas agar jasanya dapat digunakan di perusahaan.

“Dalam perusahaan ini, penyandang disabilitas dilatih agar dapat mengerjakan hal yang sama dengan masyarakat lainnya. Mereka sudah bisa bekerja dengan teknologi yang ada, hingga ranah teknik dan juga keuangan”, jelas Joyce.

IMG_20171003_093346

Atas inisiatif Joyce mendirikan perusahaan Bender Consulting Service, Ia sempat memperoleh President’s Award Winner yang diberikan langsung oleh Bill Clinton pada tahun 1999. Bagi Joyce, diskusi mengenai penyandang disabilitas dinilai sangat penting. Selain mengedukasi masyarakat, diskusi seperti ini dapat mendukung dan menghilangkan stigma masyarakat yang ada sehingga hak-hak penyandang disabilitas dapat diterima seutuhnya. Seperti apa yang pernah dikatakan oleh Temple Grandin “I’m different, but not less”.

Lainnya: