Berita & Peristiwa

UAJY Gelar Upacara Dies Natalis ke-52

YOGYAKARTA - Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar upacara puncak Dies Natalis ke-52 tahun yang jatuh pada Rabu, 27 September 2017. Tema Dies kali ini adalah “Pengembangan Atmosfer Kampus untuk Mendukung Invensi dan Inovasi Berkelanjutan.” Rektor Universitas Atma Jaya Yogayakarta (UAJY) menyampaikan butir-butir pencapaian program kerja yang telah dilaksanakan, maupun evaluasi kegiatan yang masih dirasa kurang, sepanjang Tahun Anggaran 2016-2017.

“Saat ini UAJY memasuki milestone tahun kedua dalam Rencana Induk Pengembangan Universitas (RIPU) Tahun 2012/2013 sampai dengan Tahun 2036/2037: a journey to invention, di mana fokus pengembangan UAJY bertujuan untuk  pengembangan kapabilitas internal,” ujar Rektor UAJY Dr. G. Sri Nurhartanto, SH. LL.M. dalam pidato dies yang disampaikannya.

Dalam pidatonya, Nurhartanto juga memaparkan bahwa untuk  tema Program Kerja TA 2017/2018 adalah Perbaikan dan Peningkatan Daya Dukung Tridharma Perguruan Tinggi

“Sebagai bentuk upaya untuk pengembangan program akademik, pada tahun akademik 2016/2017, UAJY mulai menerima mahasiswa baru untuk Program Studi S1 Sistem Informasi dan saat ini sudah memasuki tahun kedua penerimaan mahasiswa baru. Pada Tahun Akademik 2017/2018 UAJY kembali membuka Program Studi baru, yakni S2 Ilmu Komunikasi yang telah mendapat ijin pembukaan program studinya melalui SK Kemenristekdikti melalui SK No. 212/KPT/I/2017 dan saat ini sudah mulai menerima mahasiswa baru TA 2017/2018,” lanjut Nurhartanto.

Orasi Yudi2

Dalam hal capaian penelitian dan pengabdian, oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti diumumkan bahwa kinerja pengabdian kepada masyarakat UAJY diapresiasi masuk dalam klaster kelompok Sangat Bagus dan menduduki peringkat 17 dari 808 perguruan tinggi yang dievaluasi.

“Potret kinerja  dalam satu tahun terakhir menunjukkan bahwa terdapat 37 kegiatan pengabdian  kepada masyarakat yang dilakukan oleh civitas akademika UAJY, dengan total dana pengabdian  dari berbagai sumber dengan jumlah lebih dari  767 juta rupiah,” tambah Nurhartanto.

Orasi Ilmiah pada Dies kali ini diberikan oleh Dr. phil. Yudi Perbawaningsih, dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY. Yudi menyampaikan judul “Membangun Iklim Komunikasi Kampus yang Mendorong Kreativitas.”

Dengan penyampaian orasi yang ‘kreatif’, memakai video dan juga berjalan ke luar mimbar, berdasarkan penelitiannya di FISIP UAJY, Yudi menegaskan, “FISIP dan kampus UAJY telah berupaya untuk mengakomodasi komunikasi interpersonal yang sehat, yang mendorong terbentuknya iklim komunikasi organisasi yang suportif dan kondusif bagi invensi dan inovasi.”

“Pertemuan-pertemuan dengan beragam orang dengan karakter, kepentingan, budaya dan tujuan di dalam dan di luar UAJY menjadi bekal penting menuju kampus yang inovatif,” pungkasnya.

Lainnya: