Berita & Peristiwa

UNIKA TERIMA SERTIFIKAT AKREDITASI INSTITUSI PERGURUAN TINGGI PERINGKAT A

Setelah melewati tahap Visitasi AIPT yang diselenggarakan pada bulan Desember 2016, Unika Soegijapranata kini memetik hasil yang membanggakan yakni mendapat akreditasi institusi peringkat A dengan perolehan nilai 363. Dalam hal ini, Unika Soegijapranata berhasil menjadi Perguruan Tinggi Swasta pertama di Jawa Tengah dan Kopertis Wilayah VI yang meraih Akreditasi Unggul ini.

Tepat pada hari Senin (20/2), Unika Soegijapranata menerima sertifikat AIPT peringkat A dari BAN PT yang diserahkan oleh Kepala Seksi Penilaian Kinerja Perguruan Tinggi Direktorat Pendidikan Tinggi, M. Dian Indra, S.H, M.M. kepada Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc dengan disaksikan oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Sandjojo, Dr. Aloysius Agus Suryono, M.M dan Koordinator Kopertis Wilayah VI JawaTengah, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd, Kons.

Sebelum acara penyerahan sertifikat AIPT, Unika Soegijapranata mengadakan misa syukur yang dipimpin oleh Romo Yohanes Gunawan, Pr dan dihadiri oleh para pimpinan universitas dan fakultas serta tamu undangan. Dalam homilinya, Romo Gun menyampaikan bahwa keberhasilan ini mendorong kekuatan bagi umat di Keuskupan Agung Semarang semakin bangga dan berharap banyak terhadap institusi milik umat KAS,

“Keberhasilan Unika Soegijapranata mendapatkan peringkat A ini menjadi kebanggaan bagi seluruh umat di KAS karena lembaga pendidikan ini mampu menunjukan daya saingnya di era global,”ungkap Rm. Gunawan.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc selaku rektor Unika Soegijapranata juga mengungkapkan,“Kita boleh percaya diri atas pencapaian peringkat A ini, tetapi itu hanya sementara, yang lebih penting adalah mawas diri, artinya apakah peringkat A itu betul-betul dalam bahasa jawanya Sumbut, apakah kita betul-betul mengisi secara substansi Peringkat A tadi. Secara singkat peringkat A ini tantangannya ada 2 yaitu yang pertama adalah tanggung jawab dari hasil Akreditasi A tadi dan yang kedua kita tidak boleh berhenti, bahwa A itu bukan ultimate goal kita, kita harus lari lebih cepat, kita harus bekerja lebih keras menuju Asean University Network atau akreditasi yang lebih regional sifatnya, dengan akreditasi nasional tetap menjadi perhatian kita ” tutur Prof Budi.

Selain itu, Kopertis wilayah VI dalam hal ini oleh Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd Kons juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Unika atas pencapaian Akreditasi A ini,

“Kami sangat Bangga karena Unika Soegijapranata berhasil mendapatkan Akreditasi A dan ini menjadi track record yang baik serta menjadi tombak untuk memacu perguruan tinggi yang ada dibawah lingkungan kerja Kopertis VI Jateng agar dapat menyamakan diri. Secara nasional dari 4529 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, hanya 50 Perguruan Tinggi yang meraih Akreditasi A atau Unggul. Boleh berbangga namun jangan lengah karena visitasi bisa saja dilakukan kapan saja, jadi tetaplah berpijak seperti saat ini atau lebih dari ini karena menjaga adalah hal yang sulit,” Jelas Prof Sugiharto.

Tak ketinggalan pula, Ketua Yayasan Sandjojo, Dr. Aloysius Agus Suryono, M.M mengapresiasi hasil pencapaian Unika ini. Menurut Dr. Agus, pihaknya dengan yayasan selalu mendukung langkah baik Unika Soegijapranata dalam menjalankan institusi pendidikan yang bermutu,“Kami sungguh bangga atas pencapaian akreditasi A. Kami selalu membuka komunikasi kepada petinggi universitas untuk fokus mengembangkan pendidikan dalam menghadapi MEA ini. Jalan kita masih panjang untuk menghadapi persaingan di era MEA ini, maka untuk mendukung hal tersebut, saat ini kami sudah mempersiapkan Kampus Baru Unika seluas 5 hektar yang nantinya akan digunakan sebagai kampus terpadu selain kampus di bendan ini serta 2 Hektar lagi untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran yang saat ini masih dalam moratorium oleh kemenristekdikti dan tak menutup kemungkinan jika sudah mendapatkan persetujuan, kami juga akan membangun Rumah Sakit Pendidikan untuk penunjang perkuliahan pula. Selain itu Prodi Baru S3 Ilmu Kepemimpinan juga akan disiapkan untuk dibuka namun masih menunggu beberapa hal. Kami mohon doa serta dukungan dari masyarakat agar rencana yang baik ini dapat terselenggara“ jelasnya. (Ign)http://news.unika.ac.id/2017/02/unika-terima-sertifikat-akreditasi-institusi-perguruan-tinggi-peringkat-a/

Lainnya: