Berita & Peristiwa

Unika Bekali Mahasiswa Baru Dengan ATGW

ATGW merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata sebagai bentuk pelatihan kepribadian yang ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswa yang baru menjalani tahun pertama di Unika Soegijapranata. ATGW pertama kali diadakan pada tahun 2005 dengan kepanjangan Awakening The Giant Within, dan seiring berjalannya waktu berubah menjadi Arising The Greateful Within.

ATGW pada tahun 2017 diadakan dalam 12 gelombang dari tanggal 6 Januari 2017 sampai dengan 18 Februari 2017 dimana sebelumnya para peserta telah diberikan pembekalan dalam technical meeting  yang diadakan pada tanggal 28 November hingga 30 November 2016.

"Kegiatan ATGW sendiri sejalan dengan nilai yang ditanamkan oleh universitas yang berdasar pada Agama Katolik, dimana universitas memiliki kewajiban untuk membekali mahasiswa dari sisi penalaran (hard skill) ; keterampilan dalam bidang kognitif (menyangkut ilmu pengetahuan), tetapi di sisi lain universitas juga memiliki kewajiban untuk memadukan antara ilmu yang diperoleh dengan hati. Dalam kegiatan ATGW, kepekaan hatilah yang dilatih dan dilihat bahwa jika Unika mengolah mahasiswa tidak hanya sekedar yang terkait ilmu pengetahuan saja melainkan juga hati nurani,” ungkap Lita Widyo Hastuti, S.Psi., M.Si selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unika Soegijapranata.

“Wujud pelatihan tersebut berupa pelatihan atau pembekalan softskill yang meliputi :  pembekalan pribadi yang terkait dengan keterampilan komunikasi, keyakinan diri, kepekaan terhadap segala hal di lingkungan, dan mencoba untuk bersikap kritis. Maka kemudian, seiring berjalannya waktu, di dalam kegiatan ATGW dirumuskan adanya nilai KKV-PT (Kritis, Kreatif, Visioner, Peduli, Tangguh). Nilai KKV-PT yang dirumuskan juga tidak lepas dari nilai-nilai yang telah ditanamkan Mgr. Soegijapranata dimana dari sekian banyaknya nilai-nilai yang diajarkan Mgr. Soegija ada beberapa nilai yang masih dibutuhkan para mahasiswa hingga saat ini karena nilai tersebut sangat dibutuhkan untuk bersaing dalam dunia kerja yang tidak hanya membutuhkan otak yang cerdas semata, tapi juga dibutuhkan kepekaan dan daya kritis terhadap situasi sekitar; kepedulian terhadap lingkungan serta bagaimana nantinya lulusan dari Unika bersaing dalam keuletan yang terdapat pada nilai tangguh yang diberikan dalam ATGW” tambah Lita.

Belajar Manage Waktu dan Goal Setting

 

"Sejatinya, pelatihan softskill sendiri telah diadakan pada masa PTMB, tepatnya pada sesi mengenai Mgr. Soegijapranata yang dikemas berbeda di tiap tahunnya. sesuai tema khusus di masing-masing tahun. Pada kegiatan ATGW, nilai-nilai tentang Mgr. Soegija semakin diperkuat dan pada kegiatan ATGW diminta untuk membuat rencana pribadi (personal goal setting) yang tujuannya agar mahasiswa menpunyai rencana pribadi sedari masuk bangku kuliah sampai dengan lulus kuliah. Tentunya, dari kegiatan PTMB dan ATGW belumlah cukup. Dalam prosesnya, tentu saja mahasiswa juga perlu belajar dari teman-teman sekitarnya baik belajar membuat kegiatan, belajar bagaimana memanage waktu organisasi dan tentunya peluang tersebut berada di ormawa dan UKM karena ATGW tidak bisa memberikan semuanya sekaligus. Selain itu, ATGW hanya berperan sebagai bekal awal sampai mahasiswa menginjak semester 2" imbuhnya.

ATGW sendiri dapat terlaksana atas partisipasi beberapa pihak yaitu trainee yaitu peserta ATGW itu sendiri ; trainer yaitu dosen yang memberikan materi di kelas ; supervisor yaitu mahasiswa yang mengawasi dan membantu jalannya ATGW. Dalam tugasnya, untuk mengawasi jalannya ATGW supervisor dibantu oleh bidang kemahasiswaan. Selain itu juga terdapat co-trainer  yang berguna untuk memfasilitasi jalannya sesi di kelas. (Cal)http://news.unika.ac.id/2017/02/unika-bekali-mahasiswa-baru-dengan-atgw/

Lainnya: