Berita & Peristiwa

Pelatihan dan Raker JPA 2016

Rapat Kerja Jaringan Perpustakaan APTIK (Raker JPA) tahun 2016 dilaksanakan di Universitas Katolik Widya Mandala, Madiun, sebagai tuan rumah, pada tangal 3-5 Agustus 2016. “Raker JPA 2016 menjadi nostalgia bagi JPA di kota kota Gadis, Madiun”, begitu ujar Ibu  Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M., Rektor Unika Widya Mandala Madiun.  Raker JPA 2016 ini menjadi nostalgia karena setelah 16 tahun yang lalu hingga tahun 2016 ini Raker JPA kembali diselenggarakan oleh tuan rumah Unika Widya Mandala Madiun. “Bernostalgia di kota Gadis”, lanjut Ibu Rektor dalam sambutan beliau. “Gadis adalah slogan kota Madiun – PerdaGangan, Pendidikan, Industri”, demikian keterangan Ibu Rektor selanjutnya.

 

Raker JPA 2016 didahului dengan Pelatihan APTIK Digital Library (ADL), yang berlangsung selama dua hari, yakni pada hari Selasa sampai dengan Rabu, tanggal 2-3 Agustus 2016 di Ruang Multimedia dan Bahasa Unika Widya Mandala Madiun. Tahun 2016 ini, JPA masih memilih ADL sebagai bahan pelatihan. Bahan pelatihan ini dipilih oleh JPA berdasarkan kesepakatan bersama anggota JPA. Pelatihan ADL diselenggarakan dengan dasar pertimbangan agar ADL dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh para pengguna ADL dengan dukungan kemampuan pustakawan JPA yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam menggunakan ADL. Bekal pengetahuan dan ketrampilan ADL yang diperoleh dalam pelatihan akan digunakan untuk mendampingi para pengguna ADL di perpustakaan anggota JPA. Pengembangan dan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pustakawan JPA dalam menggunakan ADL tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan manfaat ADL yang telah dirasakan oleh anggota APTIK untuk keperluan administrasi dan akademik. Manfaat konkret ADL, misalnya dapat ditunjukkan kepada asesor akreditasi dari BAN PT pada saat visitasi akreditasi.  Pelatihan diikuti oleh 24 peserta dari 17 perguruan tinggi APTIK. Pelatihan ADL dibuka oleh Kepala Perpustakaan Unika Widya Mandala, Madiun Ibu Yohana Inga, M.A.  Pelatihan ADL kali ini di bawah bimbingan Dharma Halim Sunarly, S.T.  sebagai Asisten Koordinator JPA yang membidangi pengembangan ADL maupun sebagai staf Perpustakaan  Unika Atma Jaya, Jakarta. Sebagai asisten pelatih yakni Hari Mintangtono, S. Kom. dari Unika Widya Mandala Madiun.

 

Selesai Pelatihan ADL dilanjutkan Raker yang dilaksanakan di Hotel Aston Madiun. Raker JPA 2016 dihadiri oleh 18 peserta, yakni 18 kepala perpustakan, atau yang mewakili, dari 18 anggota Perpustakaan Jaringan Perpustakaan APTIK. Dalam Raker JPA kali ini, ikut hadir perwakilan dari anggota baru APTIK yakni dari STIK Stella Maris Makassar.

Raker JPA tahun 2016 mengangkat tema Peningkatan Kualitas Pustakawan di Era TIK menghadapi MEA”. Tema Raker dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan TIK yang semakin pesat dan pemberlakuan kebijakan-kebijakan kerjasama antara negara dalam kerjasama regional maupun internasional. Kondisi tersebut menjadi tantangan bagi pustakawan JPA untuk meningkatkan kompetensi dan mampu terlibat dalam persaingan dalam meningkatkan kualitas perpustakaan yang dikelolanya. Raker JPA dibuka  oleh Rektor Unika Widya Mandala Madiun. Setelah acara pembukaan dilanjutkan serah terima tugas secara simbolik  dari Koordinator JPA lama, Ibu Diao Ai Lien Ph.D, kepada Koordinator JPA baru, Bapak Drs. Paulus Suparmo, S.S., M.Hum.  Rapat kerja JPA tahun ini, selain membahas perkembangan JPA dan perkembangan perpustakaan anggota, juga menghadirkan dua pembicara ahli yakni Prof. Sulistyo Basuki Ph.D  ( ahli di bidang perpustakan dan informasi) dan Dr. Dripa Sjabana (anggota tim monev DIKTI). Pada Raker JPA 2016 ini juga dilakukan pembaruan MoU JPA karena adanya tambahan anggota baru JPA yakni STIK Stella Maris Makassar. Rangkaian kegiatan Raker JPA diakhiri pada tanggal 5 Agustus 2016 dan ditutup secara resmi oleh Ibu Wakil Rektor I Unika Widya Mandala Madiun.(yi-ps).

Lainnya: