Berita & Peristiwa

Pelatihan dan Rapat Kerja Jaringan Perpustakaan APTIK 2015

Rapat kerja JPA tahun ini diadakan di Jakarta, dengan Unika Atma Jaya yang bekerja sama dengan STIK Sint Carolus sebagai tuan rumahnya. Pembagian tugas terjadi di antara panitia yang terdiri dari staff Perpustakaan kedua perguruan tinggi ini. Di dalam rapat kerja ini, disempatkan juga untuk diadakan pelatihan serta sejumlah sesi nara sumber, sehingga waktu pelaksanaan yang biasanya 3 hari, kali ini menjadi 4 hari.

 

Sesi pelatihan yang memerlukan komputer untuk masing-masing peserta meminjam Ruang Komputer Perpustakaan Unika Atma Jaya kampus Semanggi, sedangkan sesi rapat dan ceramah diadakan di Hotel Ibis Jakarta-Harmoni. Hotel ini dipilih karena lokasinya dekat dengan kampus di mana sesi pelatihan berlangsung.

 

Rapat kerja kali ini menjadi istimewa karena dibuka langsung oleh Sekretaris APTIK, Dr. Yap Fu Lan yang mengafirmasi bahwa untuk menghasilkan penelitian yang baik, diperlukan sumber dan materi bacaan yang berkualitas, sedangkan hal ini sangat tergantung dengan layanan Perpustakaan-nya. Oleh karena itu, beliau berharap dari Perpustakaan bisa dibangun atmosfer penelitian di dalam kampus.

 

Rapat kerja kali ini dihadiri lengkap oleh kepala 17 perpustakaan perguruan tinggi anggota APTIK serta 2 Asisten Koordinator. Pak Vincent yang biasanya hadir merangkap Asko sekaligus Kepala Perpustakaan Unika Widya Mandala Surabaya, kali ini hadir bersama dengan kepala perpustakaannya yang baru yaitu Bu Hira, karena Pak Vincent akan studi lanjut. Demikian pula Unika Darma Cendika diwakili oleh kepala perpustakaan yang baru yaitu Bu Veryna Atniera, karena kepala perpustakaan Bu Enny juga akan studi lanjut S2 di UGM. JPA juga menyambut kembali Bu Ida Pasaribu, Kepala Perpustakaan Santo Thomas yang baru selesai studi lanjut S2 Perpustakaan di Universitas Gadjah Mada, dan menyambut Kepala Perpustakaan Unika De La Salle yang baru yaitu Pak Victor.

 

Sesuai dengan mandat RUA APTIK di Kupang, di dalam Rapat Kerja ini berfokus pada tema “Optimalisasi Pemanfaatan ADL”, yaitu untuk merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk menggiatkan sosialisasi dan promosi APTIK Digital Library (http://adl.aptik.or.id). Hal ini karena berdasarkan survey JPA yaitu bahwa mahasiswa dan dosen memerlukan fasilitas dan sumber daya seperti yang disediakan ADL namun sebagian besar di antaranya belum mengetahui keberadaan serta bagaimana pemanfaatannya.

 

Hari pertama diisi dengan pembukaan, presentasi hasil survey, serta laporan dari setiap perpustakaan. Dari sesi ini, bisa ditemukan beberapa hal penting yang perlu digali lebih dalam pada sesi pelatihan dan diskusi rencana JPA pada hari kedua dan ketiga.

 

Selanjutnya di dalam sesi pelatihan ADL, secara khusus  digali fasilitas-fasilitas yang banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen, di antaranya trik dan tips pencarian, fasilitas unggah, serta fasilitas tautan. Di dalam Raker ini juga diadakan sesi pelatihan membuat rencana pelatihan untuk membekali para pustakawan dengan motivasi untuk melakukan suatu penelitian.

 

Pada hari ketiga dan keempat, para Kepala Perpustakaan JPA dengan dipandu oleh Paulus Suparmo merancang sosialisasi ADL secara lebih intensif, misalnya memasang banner ADL dan memasang link ADL di halaman web Perpustakaan anggota JPA, serta membuat akun di jejaring sosial Twitter dan Facebook.   Paulus Suparmo juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Perpustakaan JPA agar tetap memiliki komitmen mengisi dan mensosialisaikan ADL kepada seluruh civitas akademik maupun pemustaka pada umumnya. Selain itu, Bu Anastasia Tri Susiati membagikan pengalamannya menembus call for paper. Sejumlah makalah beliau bukan hanya satu dua kali saja lolos kriteria untuk dipresentasikan di seminar nasional dan internasional. Hal yang penting pada hari itu adalah disusunnya beberapa rencana JPA tahun 2015-2016 untuk melakukan sosialisasi dan promosi ADL, serta terpilihnya Koordinator JPA yang akan diusulkan untuk masa jabatan 2016-2019 yaitu Bp. Paulus Suparmo, Kepala Perpustakaan Universitas Sanata Dharma. Sedangkan Asko saat ini disepakati tetap melanjutkan tugasnya pada periode yang akan datang.

 

Setelah rapat kerja ini, telah terlaksana rencana peluncuran (launching) ADL pada seminar repository institusi pada tanggal 26 Agustus 2015 sebagai bagian acara Dies Natalies Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dibuka oleh Rektor, serta dilakukan beberapa upaya sosialisasi ADL melalui pelatihan kepada mahasiswa baru, pemasangan logo dan tautan di halaman situs dan katalog perpustakaan, serta pemasangan banner. Dengan semua upaya ini dan pertolongan Tuhan Yesus maka ADL akan semakin dirasakan manfaatnya khususnya di perguruan tinggi anggota APTIK.

Lainnya: